Minggu, 31 Maret 2013

Stroke..apakah itu?

Anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang dengan share ini.

STROKE:
(stroke, cerebrovascular accident, CVA) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikansel-sel saraf diotak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. Beberapa tahun belakangan ini makin populer istilah serangan otak. Istilah ini berpadanan dengan istilah yang sudah dikenal luas, "serangan jantung". http://id.wikipedia.org/wiki/Stroke
... Jikalau semua orang dapat mengingat langkah sederhana, kita dapat menyelamatkan banyak orang.


IDENTIFIKASI STROKE:
Seorang neurologist berkata bahwa jikalau ia mendapatkan korban stroke dalam jangka waktu 3 jam, ia dapat membantu membalikkan efek dari stroke tersebut secara total. Ia berkata bahwa triknya untuk mengenal sebuah serangan stroke, dan membuat pasien secara medis ditangani dalam waktu 3 jam, yang sulit.

MENGENALI STROKE:
Ingat 4 langkah kecil ini untuk membantu penderita stroke

Dokter saat ini berkata bahwa orang biasa dapat mengenal serangan stroke dengan 3 pertanyaan simple di bawah ini:

S = Minta orang tersebut untuk Senyum.
B = Bicara. Minta orang tersebut untuk bicara kalimat yang mudah contoh : Makan Minum.
A = Minta dia untuk Angkat kedua tangannya secara perlahan.

T = Telponlah ambulans untuk pertolongan lebih lanjut.

CATATAN: Tanda lain dari sebuah stroke adalah
1. Minta orang tersebut untuk menjulurkan lidahnya.
2. Jikalau lidah tersebut bengkok, atau jikalau lidah tersebut terjulur ke satu sisi atau lainnya maka ini adalah tanda-tanda sebuah stroke.

Kalau saja setiap orang membaca dan mengerti bagaimana tindakan awal menangani stroke dan membagi pengetahuan kepada teman-temanya maka kita bisa yakin (mungkin)  setidaknyaakan ada satu nyawa terselamatkan.