Rabu, 15 Agustus 2012

Arti Kode Pada Bawah kemasan Plastik


Tanda logo daur ulang dengan angka 1 di sertai dengan tulisan PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate). Dipakai hampir semua botol minuman. Botol jenis PET/PETE  direkomendasikan HANYA SEKALI PAKAI. Bila terlalu sering dipakai, mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang. 


Logo daur ulang dengan angka 2, dengan tulisan HDPE (Polyethylene Densitas Tinggi). Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih, tupperware, galon air minum, dan lain-lain. Jenis plastik HDPE memiliki sifat bahan lebih kuat, keras, buram serta tahan terhadap suhu yang tinggi. Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan HANYA SEKALI PAKAI. 


Tertulis dengan kode 3, serta tulisan V. V berarti PVC (polyvinyl chloride), merupakan jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. PVC TIDAK BOLEH DIGUNAKAN hindari menggunakan jenis plastik ini untuk membungkus atau menyimpan makanan.



Logo dengan angka 4, dengan tulisan LDPE (low density polyethylene), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol yang lembek, dll. Sifat mekanis jenis LDPE ini adalah kuat, tembus pandang, Fleksibel dan permukaan agak berlemak, dan dapat didaur ulang. LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan.



Logo daur ulang dengan angka 5, dengan tulisan PP (polypropylene) ini adalah bahan plastik yang, kuat dan ringan dengan daya  tembus uap yang rendah, ketahanan baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Jenis ini adalah bahan terbaik terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting baik untuk botol susu bayi. Nah mulai sekarang jika kita ingin membeli tempat plastik untuk sarana penyimpanan yang aman, carilah bahan yang berkode 5. 


Logo daur ulang dengan angka 6, dengan tulisan PS. Biasa dipakai pada styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Bahan jenis ini harus dihindari karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, juga menggangu kerja hormon estrogen pada wanita dan sistim saraf, bahan ini juga sulit untuk di daur ulang. 




Logo daur ulang dengan angka 7 , serta tulisan OTHER. Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu: SAN styrene acrylonitrile, ABS acrylonitrile butadiene styrene, PC polycarbonate, dan Nylon. Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan. Pemakaian plastik dengan kode nomor 7 dengan tulisan SAN, ABS dan nilon aman namun hindari pemakaian plastik dengan kode PC.


Selamat menyesuaikan denga kemasan atau wadah plstik yang akan kita pakai.
pada kesempatan berikutnya akan di paparkan mengenai kode sendok garpu dan gelas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar