Sabtu, 09 Juni 2012

AGAR HASIL MENABUNG BISA MEMBUMBUNG


MENYISIHKAN DANA TABUNGAN SERING KALI SULIT AKIBAT HASRAT BERBELANJA YANG TINGGI, TAPI JANGAN KHAWATIR.  ADA KIAT MENGATASINYA.

Produk tabungan yang ada saat ini, menawarkan berbagai kemudahan bertransaksi. Mulai dari kemudahan menarik tunai di ATM, sampai melakukan transaksi pembayaran tagihan bulanan. Disisi lain tentu sangat membantu nasabah dalam menyelesaikan transaksi sehari-hari. Tapi disisi lain, jika tidak digunakan dengan bijak, ujungnya tujuan menabung untuk masa depan berpotensi tidak tercapai, karena dana di dalam tabungan kerap digunakan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut kiat singkat (yang diambil dari beberapa sumber) agar anda tetap bisa menabung untuk tujuan keuangan dimasa depan.

1. JANGAN HANYA PUNYA SATU REKENING
     Sebab, dengan hanya punya satu rekening anda tidak pernah tahu secara pasti berapa besar dana yang telah terkumpul. Ini karena tabungan anda bercampur dengan dana untuk keperluan sehari-hari. Bukan cuma ini anda pun kemungkinan akan tergoda menggunakan uang tabungan untuk kepentingan berbelanja karena merasa mempunyai dana yang cukup. Untuk menghindarinya, buatlah rekening tabungan baru yang terpisah, khusus untuk dana masa depan anda, kalau perlu tampa menggunakan ATM.

2. MENABUNGLAH DI AWAL
     Segeralah setelah anda menerima gaji, pindahkan sebagian dana ke rekening yang berbeda sebagai tabungan. Jangan menunggu sisa gaji diakhir bulan.

3. BUAT MENABUNG JADI LEBIH MUDAH
     Cobalah manfaatkan fitur auto debet secara rutin  dalam jumlah tertentu, dari rekening gaji ke rekening tabungan.

4. TENTUKAN SECARA JELAS TUJUAN MENABUNG
     Dengan begini anda termotivasi, bersemangat dan termotivasi untuk menabung tiap bulannya.

5. PERBESAR PORSI TABUNGAN SEJALAN MAKIN BESARNYA PENGHASILAN
     Besar atau kecil penghasilan anda, menabung seharusnya bisa mulai dijalankan. Jika penghasilan agak minim, ambil 10% dari gaji anda. Jika penghasilan anda  bertambah seiring waktu, maka jumpah % tabungan ada wajib dinaikkan.

6. GUNAKAN HANYA UANG TUNAI, KURANGI PEMAKAIAN KARTU KREDIT
     Intinya, sebaiknya anda hanya menggunakan uang tunai, dan hindari pemakaian kartu kredit yang berlebihan. Dengan begini anda akan lebih bijaksana mengelola uang anda. GUNAKAN KARTU KREDIT HANYA DALAH KEADAAN YANG MENDESAK (kalau bisa).

Semoga bermanfaat.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar